Rabu, 28 Juni 2017

Psikologi Sekolah



Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan

Tujuan pendidikan adalah membantu peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan


Kontribusi Psikologi Pendidikan 
~ Mengembangkan kurikulum 
~ Pengembangan program pendidikan : pengaplikasian, penyusunan jadwal, penentuan jurusan 
~ Pengembangan sistem pembelajaran : pemilihan teori, model pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran
~ Sistem evaluasi : penentuan teknik evaluasi (tes/non tes), jenis tes (lisan, tulisan, dan praktek, subjektif/objektif), waktu pelaksanaan evaluasi

Psikologi Sekolah

Psikologi sekolah adalah cabang psikologi pendidikan yang berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik di sekolah dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi. Selain itu, psikolog sekolah adalah psikolog yang terlibat dalam penyusunan berbagai tes maupun assessment lain dan psikolog yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan, teknologi pendidikan dan masalah-masalah pendidikan.

Penerapan ilmu psikologi berupa pemberian pelayanan psikologis guna tercapainya tujuan pendidikan.

Psikolog sekolah bertugas membentuk individu yang sehat mental guna tercapainya proses belajar efektif, seperti :
~ High academic achievement
~ Positive social skills and behavior
~ Healthy relationship and connectedness
~ Tolerance and respect for others
~ Competence, self-esteem, and resiliency


Peran psikolog sekolah dalam pelaksanaan psikologi diagnostik di sekolah, antara lain:
~ Pelaksanaan tes
~ Melakukan wawancara dengan siswa, guru, orangtua, serta orang-orang yang terlibat dalam pendidikan siswa
~ Observasi siswa di kelas, tempat bermain, serta dalam kegiatan sekolah lainnya
~ Mempelajari data kumulatif prestasi belajar siswa

Fungsi psikolog sekolah (Sukadji, 2000) :
1. Tingkat psikodiagnostik 
   ~ Tes kecerdasan 
   ~ Memberikan gambaran kelemahan dan kelebihan siswa yang terungkap oleh tes kecerdasan tersebut

2.   Tingkat klinis dan konseling  
    ~ Perhatian terhadap anak didik bersifat menyeluruh 
    ~ Membantu pihak sekolah dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi anak
     ~ Penyelesaian masalah kelompok dalam kelas dan masalah yang berkaitan dengan kelas

3. Tingkat industri dan organisasi  
    ~ Terlibat dalam tindakan yang menyangkut kebijakan dan prosedur sekolah 
    ~ Pelayanan sekolah, dapat berupa; supervisi, pendidikan, konsultan bagi karyawan
    ~ Seleksi, penempatan, serta urusan-urusan personalia lain dan bekerja sama dengan ahli-ahli lain dalam masyarakat.

Pelayanan psikologi :
~ Assessment
~ Consultation for student, teachers, parents & staff
~ Prevention
~ Intervention
~ Staff, parent and student education
~ Research and program development
~ Mental health care


0 komentar:

Posting Komentar