Kamis, 06 April 2017

Inteligensi (Psikologi Pendidikan)




INTELIGENSI

Beberapa pakar mendeskripsikan inteligensi sebagai keahlian untuk memecahkan masalah (problem-solving). Yang lainnya mendeskripsikannya sebagai kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari. Dengan mengombinasikan ide-ide ini kita dapat menyusun definisi inteligensi yang cukup fair. Keahlian memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari. Tetapi bahkan definisi yang luas ini tidak memuaskan semua orang.
Minat terhadap inteligensi sering kali difokuskan pada perbedaan individual dan penilaian individual. Perbedaan individual adalah cara dimana orang berbeda satu sama lain secara konsisten dan tetap.

Definisi Inteligensi
Inteligensi bagai listrik, mudah diukur namun hamper mustahil untuk didefinisikan.
Terman : Inteligensi adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara abstrak.
Thorndike : Inteligensi adalah kemampuan dalam memberikan respon yang baik dari pandangan kebenaran atau fakta.
Wechler : Inteligensi sebagai totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak.

Ciri-ciri Perilaku
·         Inteligen Tinggi
o   Kemampuan untuk memahami dan menyelesaikan masalah mental dengan cepat
o   Kemampuan mengingat tinggi
o   Kreativitas tinggi
o   Imajinasi yang berkembang
·         Inteligen Rendah
o   Perilaku lamban
o   Tidak cepat mengerti
o   Kurang mampu menyelesaikan masalah mental yang sederhana

Faktor Keberhasilan dalam Belajar
·         Internal
o   Fisik : panca indera, kondisi fisik
o   Psikologis : kognitif (bakat, inteligensi)
·         Eksternal
o   Fisik : kondisi tempat belajar, sarana dan perlengkapan belajar, materi belajar, kondisi lingkungan belajar
o   Sosial : dukungan sosial, pengaruh budaya

0 komentar:

Posting Komentar